16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Waspadai DBD,Terutama Anak Balita

2 min read

“Poto Ilustrasi”

KHABAR PUBLIK.COM.KAUR— Akhir- Akhir ini penyakit Demam berdarah atau dengue, adalah penyakit Virus yang ditularkan oleh nyamuk saat ini sudah menelan korban.

Kepala Desa Tanjung besar, Ujang Efendi menyampaikan pada saat melayat di kediaman Bayu, bapak dari anak masih Balita Meninggal Dunia akibat DBD, Kades berharap kepada seluruh warga Tanjung Besar agar senantiasa memperhatikan kebersihan di lingkungan rumah, jangan sampai ada genangan Air, sebab genangan air akan menimbulan jentik jentik nyamuk.

Saat di komfrmasi kepada salah satu keluarga Bayu, ia menjelaskan bahwa benar anak kami meninggal akibat DBD, anak kami ini mengalami panas berkepanjanagan sejak hari Jumat, dan di bawa ke RSUD Kaur, pada hari senin, namun mengingat kondisi anak kami belum juga membaik, maka pihak RSUD Kaur pada hari Rabu pagi, merujuk ke Rumah sakit Asyfa Bengkulu selatan, Namun Allah berkehendak lain sebelum kami tiba di Rumah sakit Asyfa, anak kami sudah menghembuskan Nafas terakhirnya, terang Nopi, kakak dari Bayu.

Dilansir dari situs resmi World Health Organization (WHO), virus dengue ini ditularkan oleh nyamuk betina terutama dari spesies Aedes aegypti.

Nyamuk ini juga merupakan vektor chikungunya, demam kuning, dan virus Zika. Demam berdarah tersebar luas di seluruh daerah tropis.

Variasi risiko lokal dipengaruhi oleh curah hujan, suhu, kelembapan relatif, dan urbanisasi cepat yang tidak terencana.

Beberapa orang mengalami demam berdarah yang parah, yang dapat mengakibatkan sejumlah komplikasi terkait dengan pendarahan hebat, kerusakan organ dan atau kebocoran plasma.

Demam berdarah dengue (DBD) berat memiliki risiko kematian yang lebih tinggi bila tidak tertangani dengan tepat dan segera.

Saat ini, demam berdarah parah memengaruhi sebagian besar negara-negara di Asia dan Amerika Latin. Bahkan menjadi penyebab utama rawat inap dan kematian di antara anak-anak dan orang dewasa.

Cara penularan virus DBD

Virus DBD ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk betina yang terinfeksi, terutama Aedes aegypti.

Spesies lain dalam genus Aedes juga bisa sebagai vektor. Namun, kontribusinya adalah sekunder dari Aedes aegypti.

Virus yang telah menginfeksi nyamuk akan berkembang di midgut nyamuk, lalu menginfeksi kelenjar ludah dan jaringan tubuh sekitarnya. Kemudian menggigit tubuh manusia.

Kepala Desa Tanjung Besar, berharap kepada Instansi terkait,dalam hal ini pihak Dinas Kesehatan agar dapat melakukan foging yang berikutnya,meski pada satu minggu yang lalu sudah di lakukan penyemprotan foging,tetapi belum keseluruhan lingkungan warganya yang di semfrot, oleh sebab itu, Kades Tanjung Besar meminta pihak Dinas Kesehatan untuk melakukan bagaimana cara membasmi nyamuk DBD, agar tidak ada lagi warganya yang terkena DBD.demikian Kades

Pewarta: (Pacroul Rozi)

More Stories

Tinggalkan Balasan