16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Kaur, Jadikan Ruang PICU Solusi Atasi Penyakit.

2 min read

KAUR, || KHABAR PUBLIK.COM — Pemerintah Kabupaten Kaur dalam hal ini Bupati kaur H LISMIDIANTO, SH. MH, terus meningkatkan pelayanan kesehatan dengan mendirikan beberapa bangunan baru Rumah Sakit Umum Daerah Kaur (RSUD) diantaranya Gedung PICU yang tampak megah dan berdiri kokoh, hal itu tidak lain hanyalah sarana untuk menjadikan pelayanan di RSUD lebih baik dan di senangi masyarakat.

Direktur RSUD Kaur, dr Leppi Agung Wahyudi belum lama ini menjelaskan, dengan di bangunnya Ruangan PICU insya Allah dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, sebenarnya ruangan PICU khusus untuk bayi berusia di atas 28 hari sampai anak-anak usia 16 tahun, yang memiliki kondisi kritis. Dan Anak perlu dirawat di ruang PICU bila kebutuhan medisnya tidak dapat terpenuhi di ruang perawatan biasa. Kondisi yang dapat menjadi alasan anak membutuhkan perawatan di ruang PICU antara lain:

-Gangguan pernapasan serius, seperti
asma berat, tersedak benda asing,
pneumonia, dan sindrom gagal napas akut
(ARDS).
-Infeksi serius, seperti meningitis bakteri dan sepsis.
-Syok dan cedera berat, misalnya akibat
kecelakaan lalu lintas, jatuh dari
ketinggian, dehidrasi, perdarahan berat,
luka bakar, atau tersengat listrik.
-Gangguan pada otak, seperti tumor, koma,
epilepsi, dan status epileptikus.
-Gangguan metabolik berat, seperti
gangguan elektrolit, gangguan
keseimbangan asam basa darah
(alkaliosis dan asidosis), serta
ketoasidosis diabetik.
-Gangguan darah, seperti anemia berat dan
kanker darah (leukemia).
-Keracunan obat-obatan atau zat kimia
lain, misalnya minyak tanah.
-Kerusakan organ berat, seperti gagal ginjal
dan gagal hati, atau kelainan jantung yang
parah
-Cacat bawaan lahir.

Lepi juga menjelaskan “Kondisi yang membutuhkan perawatan di ruang PICU misalnya dehidrasi berat, asma parah, sepsis, keracunan, meningitis, kegagalan fungsi organ, dan pendarahan akibat kecelakaan atau cedera berat,” terangnya.

Dikatakan Lepi Selain itu ruangan PICU juga dilengkapi alat-alat medis yang berteknologi modern dan dapat digunakan untuk memantau, merawat kondisi pasien yang sangat keritis.

Disisi lain kepala bagian Tata Usaha (TU ) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten kaur, Ely Isti SKM, mengatakan “memang keberadaan ruang PICU di rumah sakit sangatlah penting untuk membantu penanganan anak dengan kondisi yang kritis. Dokter anak akan menyarankan perawatan di ruang PICU apabila anak perlu dipantau secara ketat dan diperlukan penanganan semaksimal mungkin,” Ujarnya kepada wartawan di ruang kerjanya Jum’at 31/03/23  (Roni Afrizal).

Tinggalkan Balasan