16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Terkait Galian C, Tuntutan Tiga Desa Di Seluma Di Respon Baik Gubernur

2 min read

KP.COM, || (BENGKULU)~ Jumaat tanggal 19 November 2021 kemaren, perwakilan masyarakat 3 desa yang di dampingi ketua Lemabaga suwadaya masyarakat serawai LSM serawai muhairi isaim, wakil ketua garada bela negara nasional DPD bengkulu Biman Iswandi dan kartiker ketua barisan relawan jalan perubahan kabupaten seluma Endang Subandi.
Menghadiri pertemuan dengan gubernur bengkulu menindaklanjuti surat bupati seluma terkait hasil evaluasi tim terpadu beberapa waktu lalu. Di gedung daerah Provinsi Bengkulu.

Gubernur bengkulu Roidin Mersyah mengambil keputusan dalam rapat ini,
Memerintahkan kepala dinas ESDM Provinsi bengkulu mengrim surat ke bupati seluma untuk menghentikan semua aktifitas di kuari milik CV. RCA berkah mandiri.
Memerintahkan kepala dinas ESDM Provinsi bengkulu mengirim surat ke kementrian ESDM untuk mengeluarkan surat pencabutan ijin usaha produksi IUP CV. RCA berkah mandiri.
Keputusan ini berdasarkan balsan surat bupati seluma ke gubernur bengkulu.
Yang menyatakan bahwa hasil evaluasi tim terpadu pemerintah kabupaten seluma menemukan.
1. Terdapat pemindahan alur sungai di lokasi kuari CV RCA berkah mandiri.
2. Terjadi pemindahan kepemilikan IUP tanpa rekomendasi pemerintah provinsi.
3. CV RCA berkah mandiri telah terbukti dan di nyatakan bersalah melakukan penggalian di luar IUP.

“Kami telah menerima surat balasan hasil evakuasi tim terpadu pemerintah kabupaten seluma. Dan kita sepakati berdasarkan hasil temuan tim terpadu ada 3 point yang menjadi alasan kita meminta bupati seluma menutup semua aktifitas kuari dan mencabut ijin usaha produksi CV RCA berkah mandiri.” Papar rohidin mersyah.

Di tempat yang sama endang subandi Selaku kordinator dari pertemuan tersebut menyampaikan kepda awak media bahwa dua tuntutan masyarakat saat ini segara di kabulkan oleh gubernur bengkulu mengingat saat ini musim penghujan dan semakin lama maka semakin parah abarasi yang di timbulkan akibat aktifitas kuari tersebut.

” Alhamdulillah dua tuntutan yang kita sampaikan ke bapak gubernur bengkulu tadi sudah di respon dengan baik.
Di depan kami semua gubernur bengkulu memerintahkan kepala ESDM Bengkulu mengirim surat ke bupati Terkait penghentian aktifitas dan penutupan tambang galian c tersebut. Dan Bapak gubernur juga berjanji dalam dua minggu ini pasti ada kesimpulan. ” Endang subandi. (Tim)

Tinggalkan Balasan