16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

PMK Meningkat, Lianto: 300 Dosis Vaksin Telah Tersedia Bantuan Dari Provinsi.

2 min read

KAUR, || — Menjalarnya penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Kaur menjadi pehatian serius dari pemda Kaur.

Bukti keseriusan pemerintah daerah melalui dinas pertanian dan instansi terkait lainnya terus berupaya untuk menekan penyebaran virus Mulut dan Kuku yang menyerang ratusan ternak yang ada di kabupaten kaur dengan cara memberikan vaksin kepada ternak yang belum terjangkit, dan memberikan obat terhadap ternak yang sudah terjangkit.

Kepala dinas pertanian memberikan himbauan kepada masyarakat kaur yang memiliki ternak sapi, kiranya dapat lebih memperhatikan ternaknya, dan jangan sampai timbul penyesalan di kemudian hari ujar kadis pertanian Lianto Kepada Khabrpublik.com

Kadis pertanian juga menyarankan kepada warga yang memiliki ternak untuk melaporkan ternaknya kepada dinas pertanian yang membidangi peternakan agar dapat di lakukan pencegahan sejak dini imbuhnya.

Saat ini penyebarannya semakin meningkat, terhitung di tiga kecamatan saja sudah mencapai ratusan ekor sapi yang terjangkit.
terhitung hari ini PMK di Kaur mencapai 393 ekor yang tersebar di tiga kecamatan, kecamatan Kelam tengah 18 ekor, Tanjung kemuning 238, sedangkan untuk kecamatan tetap mencapai 137 ekor, sementara sebelumnya hanya 305 ekor, artinya baru satu hari, sudah bertambah 80 ekor lebih yang terjangkit, ini baru di tiga kecamatan yang terdata, andaikan di 15 kecamatan ini sudah terdata semua, bisa jadi ternak yang ada di kabupaten Kaur ini mencapai Ribuan ekor yang terjangkit.

sedangkan untuk vaksin saat ini tersedia 300 dosis, persediaan ini bantuan dari provinsi. tutup kadis pertanian. saat menjelaskannya di ruang kerjanya hari ini Rabu kemaren 20/07/2022. (Rozi).

Tinggalkan Balasan