16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Peranan Sektor Pariwisata dalam Meningkatkan PAD Sangat Menjanjikan.

2 min read

KAUR, || ~ Pembangunan daerah yang sedang dilaksanakan tidak terlepas dari peran serta dinas terkait turut dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah secara utuh dan terpadu. saat ini instansi terkait, dalam hal ini dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kabupaten Kaur berupaya keras meningkatkan perekonomian daerah dengan cara meningkatkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD). upaya untuk meningkatkan penerimaan daerah yaitu dengan mengoptimalkan potensi dalam sektor pariwisata.

Kepala dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kabupaten Kaur, Yasman M.pd melalui kepala bidang pengembangan distinasi wisata Gindis Wahyudi S.pd menyampaikan Pembangunan kepariwisata dilanjutkan dan ditingkatkan dengan mengembangkan dan mendayagunakan sumber dan potensi kepariwisataan daerah menjadi kegiatan ekonomi yang dapat diandalkan untuk memperbesar penerimaan PAD, memperluas dan meratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja bagi wilayah setempat, mendorong pembangunan, serta memperkenalkan nilai budaya daerah melalui Pariwisata.

Sektor pariwisata di Kabupaten Kaur menunjukkan perkembangan yang cukup baik, terutama setelah adanya Obyek wisata Wisata Bahari Pantai Laguna samudra yang terletak di desa Merpas kecamatan Nasal, Sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah yaitu berasal dari bagi hasil yang mana pada saat ini Pantai Laguna desa Merpas di klaim sebagai milik daerah /Pemda, dan di kelola oleh Bumdes desa Merpas dengan cara bagi hasil 70 – 30 persen, di mana hasil bersih yang di dapat setiap bulannya 30 persen di stor ke KASDA melalui dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga, yang selanjutnya disebut Retribusi daerah, yang saat ini terhitung sejak Januari 2022 hingga saat ini Mey 2022 sudah mencapai lebih kurang 30 Juta Rupiah.

Upaya dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam pembangunan sektor pariwisata agar dapat menarik pengunjung obyek wisata yang lebih banyak yaitu kegiatan marketing dan promosi, mengadakan riset pemasaran wisata, sehingga perlu meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana ujar Kabid pengembangan Distinasi ujar Gindis Wahyudi.

Potensi dan peluang pariwisata dalam kaitannya dengan PAD Kabupaten Kaur adalah Pentingnya untuk mensosialisasikan Program Sadar Wisata pada semua warga Kabupaten Kaur, sehingga diharapkan POKDARWIS tiap desa akan bisa memaksimalkan potensi-potensi di desanya masing-masing dengan keunikan yang mereka miliki. Serta di dukung dengan Faktor keamanan yang mutlak diperlukan karena bisa menjamin rasa aman wisatawan di Kabupaten Kaur.

Saat di tanyakan tentang dasar hukum untuk menarik PAD melalui Pariwisata Pantai Laguna desa Merpas, Gindis menjelaskan, bahwa saat ini memang belum ada payung hukumnya, sebab baik Perda ataupun Perbup belum ada, namun setelah di konsultasikan dengan bidang Hukum Pemda, penarikan itu bisa saja di lakukan oleh Pemda, merujuk pada Perdes ujar Gindis.(Rozi).

Tinggalkan Balasan