16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Penerapan Teknologi Tepat Guna Menuju Desa Mandiri Berbasis Digital.

3 min read

KHABAR PUBLIK.COM, || KAUR ~ Pemerintah kabupaten Kaur saat ini mencanangkan Kaur digital, hal ini sesuai dengan peraturan Menteri KOMINFO RI Nomor 5/ tahun 2015 tentang regestar Domain Instansi Penyelenggara Negara.

Dengan Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi terutama internet saat ini membawa kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang kehidupan.

Dengan adanya website membantu banyak pihak dari individu, organisasi, pemerintah bahkan swasta untuk bisa menghadirkan informasi terkini melalui media digital. Hal ini pun yang semakin menjadi perhatian khusus bagi pemerintah desa untuk mengembangkan pelayanan dan meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Ada banyak manfaat website untuk desa yang dapat membantu kemajuan desa tersebut, apa saja manfaatnya? Berikut informasi selengkapnya.

Pemerintah kini semakin menyadari besarnya manfaat website untuk desa, hal ini dibuktikan dengan peluncuran ekstensi domain desa.id sebagai ekstensi domain resmi untuk website desa yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah mulai serius untuk memfasilitasi desa dalam mengembangkan layanan dan informasi berbasis website. Berikut ini manfaat website untuk desa yang sangat penting untuk anda ketahui.

Pengembangan Desa

Harus diakui, di Indonesia pembangunan daerah belum merata, tentunya hal ini menjadi masalah yang cukup bagi pemerintah. Masalah ini tidak hanya karena pembangunan yang kurang tepat sasaran, namun juga bisa dikarenakan kurangnya informasi mengenai situasi dan kondisi suatu desa. Dengan mengunakan media website maka akan membantu dalam promosi dan pengembangan desa. Karena desa dapat memberikan informasi terkait kondisi desa dari kelebihan ataupun kekurangan kepada pemerintah dan juga kepada semua orang.

Kepala Diskominfo kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu ,Jarnawi sangat mendukung program serba digital yang saat ini sedang di galakkan seiring dengan zaman yang semakin maju, dan sudah di atur oleh aturan perundang – undangan.

Jarnawi juga menyampaikan bahwa memang sudah menjadi sebuah kewajiban di setiap Instansi pemerintahan, dari tingkat kabupaten, kecamatan, bahkan sampai di tingkat Desa harus mempunyai website tersendiri, agar dapat menyajikan dan menyampaikan setiap kegiatan yang di laksanakan, agar dapat di ketahui oleh publik, sebab ini adalah cermin dari keterbukaan Informasi Publik.

Salah satu terobosan yang cukup efektif untuk mengembangkan program website Desa adalah dengan melaksanakan pengelolaan website desa terpadu, yaitu melaksanakan website desa serentak di seluruh desa yang ada di kabupaten Kaur, sehingga penerapan dan pengembangan fitur/ teknologi akan lebih terarah, biaya lebih hemat dan mendorong percepatan pertumbuhan seluruh desa lebih oftimal.

Dengan adanya hal tersebut, sebagai perusahaan yang berpengalaman dalam Industri teknologi informasi berbasis digital Internet CV Cakrawala Nusapratama dengan Nama usaha desaku pintar bekerjasama dengan PT Samudra pena intermedia siap mendukung program pemerintah untuk membentuk desa- desa yang tangguh yang siap menghadapi persaingan di era globalisasi dan mampu mensiasati wabah Corona yang kita tidak tahu kapan akan berakhir. Ungkap Jarnawi (Rozi).

More Stories

Tinggalkan Balasan