16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Musrenbangcam Kaur Tengah Sampaiakan Usulan Skala Proritas.

3 min read

KAUR, || KHABAR PUBLIK, COM — Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan yang digelar diaula Kantor Camat kaur tengah kelurahan tanjung iman Rabu 22/02/2023.

Kegiatan musrenbangcam ini langsung di hadiri oleh Bupati kaur dalam hal ini di wakili oleh  BAPPEDA, dan dan beberapa perwakilan dari OPD lainya yakni dinas PUPR, DISPORA, dinas Kesehatan , dinas Pertanian, dinas perikanan dan DISHUB, serta di hadiri oleh unsur Tripika yakni Danramil dan Kapolsek Kaur Tengah serta beberapa undangan lainya.

Dalam sambutanya camat kaur tengah Lukman. Sos sekaligus membuka acara musrenbangcam menyampaikan usulan dan keluhan. Yang pertama kepada seluruh pemerintahan desa hasil dari pada musdes yang tidak terkaper silakan di usulkan di musrenbangcam untuk di bahas di musrenban tingkat kabupaten. dan semoga usulan kita nanti di akomodir oleh pemerintahan daerah kab kaur.

Dan keluhan kami berdasarkan usulan Musrenbang-Cam tahun 2021 dan 2022 tentang prioritas perehaban rumah dinas ( Rumdin) dan aula kantor camat serta kantor lurah kelurahan tanjung iman alhamdulilah tahun 2023 belum di anggarkan dan tahun ini saya dan seluruh kepala desa berharap pembangun rehab untuk tiga usulan itu bisa di akomodir di anggaran perubahan DAK tahun 2023.

Diketahui untuk saat ini kondisi tiga usulan itu sudah sangat memprihatinkan bahkan apabila usulan itu di laksanakan tahun 2024, maka bukan lagi rehab ringan tapi akan terjadi rehab berat, oleh sebab itu kepada pemerintahan daerah kabupaten kaur kami berharap tahun ini segera di prioritaskan mengingat histori pemekaran kecamatan kaur tengah adalah kecamatan induk dari lima kecamatan, akan tetapi pembangunan kaur tengah tersisihkan, mohon kiranya pemerintah daerah mengingat kembali sejarah pemekaran, karna apa, exs kecamatan kaur tengah salah satu pendukung pemekaran kabupaten kaur..

Adapun sambutan Bupati kaur yang diwakili dari Bappeda-litbang Kuar Yulizar mengatakan, ada beberapa hal yang strategis di dalam RPJM kabupaten Kaur, yang pertama adalah tata kelola pemerintahan yang belum optimal kemudian ekonomi yang masih perlu di tingkatkan, masih tingginya stunting dan kejenjangan ekonomi sosial, infrastuktur yang masih terbatas dan ekonomi yang masih perlu di tingkatkan, maka dari itu pemerintah daerah tahun 2024 menyusun rencana dengan tema ” mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan ekonomi kreatif, iptek dan inovasi”


kemudian dikatakan Yulizar alhamdulilah anggaran untuk kelurahan tahun ini ada, kurang lebih di angka enam ratus juta se-kabupaten kaur dan anggaran tersebut di kucurkan melalui dinas PMD, untuk mekanisme aturan itu nanti dinas tekhnis lah yang menentukan..

sementara dari dinas kelautan dan perikanan yang di sampaikan oleh perwakilan kepala dinas Multazim Haq, untuk nelayan kaur tengah. Dari sembilan usulan yang masuk alhamdulilah tiga proposal usulan naik, dua mendapatkan bantuan kapal satu kelompok mendapatkan bantuan alat tangkap. Adapun usulan yang lain belum naik atau belum mendapatkan bantuan jangan berkecil hati proposal itu kami prioritaskan di tahun 2024. Kami berharap kepada kelompok nelayan terkhusus yang mendapatkan bantuan kapal mohon kiranya di jaga dan dirawat.. terkait usulan TPI desa Tanjung pandan itu akan di tindak lanjuti tahun depan,” tuturnya

Hal yang di sampaikan oleh ketua APDESI kaur tengah, MUSLIM yang menjabat kepala Desa Padang hangat, meminta kepada pemerintahan daerah kabupaten kaur agar memprioritaskan tiga usulan yang telah disampaiakn tadi seperti rehab rumdin, aula dan kantor lurah untuk di alokasikan tahun 2023 ini. Karna sudah beberapa kali musrencam usulan tersebut selalu di sampaikan tetapi alhamdulilah sampai tahun ini belum juga di anggarkan, sedangkan kecamatan kami ini kecamatan induk dari lima kecamatan, tapi kami merasa kecamatan kaur tengah ini tersisihkan oleh pemerintahan baik eksekutif maupun legeslatif. (Roni Afrizal)

Tinggalkan Balasan