16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Mendukung Program Pemerintah Turunkan Angka Stunting, Pemdes Muara Sahung Rutin Posyandu.

2 min read

KAUR, || KHABAR PUBLIK.COM — Kegiatan posyandu di Desa Muara Sahung rutin dilaksanakan Minggu ke dua hari Selasa setiap bulannya. Kegiatan posyandu oleh puskesmas Maura Sahung ini langsung di pimpin oleh dokter umum, tenaga kesehatan Puskesmas dan di dampingi langsung oleh ibuk kepala desa dan seluruh tenaga kader posyandu desa.

Adapun dalam kegiatan ini dilaksanakan untuk pemberian susu balita dan ibu hamil serta penimbangan Balita dengan Alat Ukur Antroprometri Kit untuk penimbangan Balita, pengukuran tinggi badan, panjang dan lingkar lengan bayi, serta lingkar kepala bayi, program ini rutin dilaksanakan guna menurunkan angka stunting termasuk mendukung program pemerintah. Selasa 11/06/2024

Kepala desa muara Sahung Gunawan memaparkan singkat bahwa Kegiatan Posyandu Balita ini dilaksanakan rutin setiap bulan dengan tujuan untuk pemantauan kesehatan balita dan anak.

Selain itu, Posyandu Balita juga memiliki banyak manfaat lain yang meliputi : Memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit, Memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk, Mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penanganan dapat segera dilakukan.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan Posyandu Balita ini antara lain ialah Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan dan Pengukuran Lingkar Kepala balita dan anak.

“Dalam mencegah terjadinya warga yang males ke posyandu Kader DESA akan mengunjungi dari rumah untuk mensosialisasi manfaat dari kegiatan Posyandu Balita dalam merangsang semangat ibu-ibu untuk datang ke posyandu” Tutupnya.

Salah Satu ibu Balita Peserta Posyandu Balita ini mengungkapkan rasa senangnya dengan dilaksanakannya kegiatan ini yang dimana kegiatan ini sangat membantu ibu – ibu di desa Maura Sahung dalam menjaga dan memperhatikan Kesehatan Balita mereka, dengan adanya kegiatan rutin ini para ibu – ibu jadi lebih paham dan mengerti pada aspek apa dalam perkembangan balitanya yang harus diberikan perhatian lebih. “Saya harap kegiatan ini terus ada dan di laksanakan secara rutin karena kegiatan ini bagus sekali dan sangat membantu,” ujarnya.

(Roni Afrizal)

Tinggalkan Balasan