13/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Memiliki Potensi Bencana, Bupati Kaur Pimpin Apel Siaga Bencana.

2 min read

 

KAUR, || KHABAR PUBLIK.COM — Bertempat di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Kaur Bupati Kaur H. LISMIDIANTO SH MH pimpin langsung Apel Siaga Bencana Tahun 2023, yang di hadiri langsung oleh Kapolres Kaur AKBP. Eko Budiman, S.IK, M.IK, M. Si, Komandan Kodim 0408/BS -Kaur Letkol Inf Aswin Suladi, S.E,. M.AK. , Danpos AL Letda Adjid dan Sekda Dr. Drs. Ersan Syahfiri, MM Ratusan Personil yang terdiri dari Unsur TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Damkar, BASARNAS, Tagana dan relawan bencana. Kamis 30/03/2023.

Dalam sambutanya , Bupati Kaur mengatakan maksud dan tujuan apel kesiapsiagaan ini adalah untuk mensinergikan seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan pihak swasta dalam menghadapi bencana serta upaya mitigasi bencana, baik melalui pembangunan fisik, maupun penyadaran dan peningkatan kapasitas dalam kemampuan menghadapi bencana.

Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mengetahui kesiapan baik personil maupun sarana dan prasarana logistik dari berbagai unsur dalam penanggulangan bencana, Karena Penanganan bencana menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah, namun semua pihak, dunia usaha dan masyarakat, juga para insan pers agar dapat memberikan informasi yang baik kepada seluruh masyarakat” Ujar Bupati

Bupati menuturkan, Kabupaten Kaur merupakan daerah yang memiliki potensi bencana, seperti tanah longsor, gempa bumi, banjir maupun bencana kebakaran yang rawan akan terjadi, untuk itu dengan apel siaga bencana ini bukan hanya kegiatan seremonial belaka, tetapi merupakan manifestasi kesiapan pemerintah daerah bersama TNI, Polri maupun berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.

“Apel kesiapsiagaan bencana secara terpadu antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder diharapkan dapat mewujudkan ketangguhan Kabupaten Kaur dalam menghadapi bencana dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat secara umum. yang merupakan sejalan dengan pelayanan masyarakat dari pemerintahan yang tercantum dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk masyarakat” Kata Bupati

Usai Apel Siaga Bencana, Bupati Kaur bersama Kapolres, Dandim, Danpos AL, Sekda dan jajaran melakukan peninjauan Kesiapan personil serta sarana dan prasarana pendukung dalam Mengantisipasi Bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi karena cuaca ekstrem tutup lismidianto. (Roni Afrizal).

Tinggalkan Balasan