16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

“Maryana Kisah Seorang Perempuan Tangguh, Mencari Nafkah Untuk Keluarganya Dengan Menjadi Nelayan Pinggiran.”

2 min read

“Poto Net”

KP.COM, || KAUR ~ Kabupaten Kaur merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang menyumbang banyak hasil tangkapan gurita. Harga gurita di Kabupaten Kaur cukup tinggi. Namun nelayan gurita masih hidup dalam keterbatasan.

“Khususnya di desa Merpas kecamatan Nasal, pekerjaan Nelayan bukan saja di geluti oleh kaum Adam melainkan juga di geluti oleh kaum Hawa, Maryana salah satu nelayan yang khusus menangkap Gurita mengandalkan alat tradisional, bahkan bisa di bilang sangat antik, alat yang di gunakan oleh Maryana untuk menangkap Gurita berupa Besi behel dari ukuran 8 mili sampai ukuran 10 mili di potong lebih kurang 60 CM dengan besi di buat runcing sebanyak lebih kurang masing – masing ukuran sebanyak 3 batang, di tambah lagi sebilah linggis berukuran sedang.

Maryana adalah seorang perempuan tangguh yang harus mencari nafkah untuk keluarganya dengan menjadi nelayan pinggiran, pekerjaan ini sebenarnya waktunya sangat terbatas, kegiatan menangkap Gurita pinggiran hanya bisa di lakukan di saat Laut surut, ujar Maryana menceritakan teori menangkap ikan kepada khabarpublik.com Selasa (02/10/21) kemaren,

Maryana menjadi Nelayan Gurita sudah cukup lama, namun kehidupan keluarga Maryana saat ini masih sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah, mengingat suami Maryana saat ini sudah tidak mampu lagi untuk mencari nafkah paska musibah yang menimpanya beberapa tahun yang lalu, terjatuh dari pohon kelapa.

(Pachroul Rozi.)

Tinggalkan Balasan