16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Dispertan Kaur Himbau, Masyarakat Jangan Asal Beli Pupuk Sembarangan.

2 min read

KAUR ~ Dinas Pertanian Kaur mengimbau para petani tetap waspada terhadap peredaran pupuk dan pestisida palsu.

Pasalnya, peredaran pupuk dan pestisida palsu terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Kaur.

Oknum kasus peredaran pupuk dan pestisida palsu yang sempat marak terjadi di beberpa Provinsi tetangga beberapa waktu lalu, jangan sampai menimpa petani yang ada di kabupaten Kaur.

Hal tersebut disampaikan oleh PLT kepala dinas Pertanian melalui kepala bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kaur, Bambang Irawan
saat di bincangi di ruang kerjanya oleh awak media Senin 28/03/22.

Bambang mengatakan kasus tersebut merupakan kasus yang biasa di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, di duga dengan membuat ramuan sendiri, atau bisa juga ada perantara.

“Meskipun oknumnya belum kita ketahui namun petani perlu waspada terhadap pupuk dan pestisida palsu. Kalau tidak, bisa mengalami gagal panen,” ujar dia.

Bambang menyarankan para petani untuk berkonsultasi ke penyuluh agar terhindar dari penggunaan pupuk dan pestisida palsu.

Beredarnya pupuk dan pestisida palsu yang tidak sesuai standar komponen dari Kementan akan berdampak pada pertumbuhan tanaman.

“Ya dampak dari pestisida tersebut menimbulkan kematian pada tanaman. Dan akhirnya akan membuat petani mengalami kerugian,” jelas Bambang Irawan.(Rozi).

Tinggalkan Balasan