16/07/2024

Khabar Publik

berita selalu update dan terpercaya

Bupati Kaur Bersama TPID Rapat Virtual Bersama Mendagri.

2 min read

KAUR, || KHABAR PUBLIK.COM — Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kaur kembali mengikuti Rapat Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual bersama Kementerian Dalam Negri RI yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI H. Tito Karnavian dan diikuti langsung oleh seluruh Tim Pengendalian Inflasi Nasional di Jakarta.

Kegiatan zoom tersebut dihadiri Oleh Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto, S.H., M.H yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kastilon Sirad, S. Sos yang didampingi oleh seluruh Tim TPID Kabupaten Kaur dari jajaran Pemerintah Daerah dan Instansi Vertikal yang ada di Kabupaten Kaur. Bertempat di Ruang Command Center Dinas Komunikasi, Informasi Statistik dan Persandian Kabupaten Kaur, Senin (6/3/2023).

Dalam zoom itu Mendagri menyampaikan bahwa Inflasi Daerah secara Nasional mengalami penurunan sebesar 0.16 % per Februari 2023, sehingga angka Inflasi per Februari 2023 ini berada di angka 5.47 %. Dalam situasi ini Mendagri menekankan kepada seluruh TPID tetap melakukan langkah dan strategi yang telah dilakukan selama ini, agar laju inflasi di setiap daerah terus mengalami penurunan supaya tetap menjaga stabilitas perekonomian nasional,” Katanya

Langkah-langkah yang perlu dilakukan pemerintah daerah:
1.Penyusunan rencana Pengendalian InflasiInflasi, khususnya fokus kabupaten/kota yang inflasinya tinggi.
2. Koordinasi dengan Kanwil Bulog dan BUMN pangan setempat untuk kegiatan stabilisasi pasokan dan harga panganpangan.
3. Pelaksanaan GPM (Gerakan Pangan Murah) di titik-titik konsumen.
4. Optimalisasi pemanfaatan APBD dan dana BTT.

Dalam hal ini Mendagri juga menyampaikan dalam Pengendalian Inflasi di Daerah, setiap Kepala Daerah harus memperkuat kerjasama antar daerah, melalui pemenuhan komoditas dari daerah yang surplus dengan daerah yang kekurangan komoditas serta menjalin koordinas untuk hambatan dan kendala moda transportasi barang/jasa. (Roni Afrizal)

 

Tinggalkan Balasan